Senin, 22 Oktober 2018

Modul Interaksi Antarnegara-negara ASEAN


MODUL PEMBELAJARAN  KEGIATAN 1
PENGERTIAN, FAKTOR PENDORONG, DAN
FAKTOR PENGHAMBAT KERJASAMA

A.      MATERI PEMBELAJARAN
Assalammualaikum wr. wb. Apa kabar anak anakku sekalian?
Semoga kalian selalu dalam keadaan sehat dan semangat untuk selalu mencari ilmu pengetahuan guna masa depan yang gemilang. Perhatikan gambar di bawah ini :
 








Gambar diatas adalah sebuah organisasi regional beranggotakan hampir semua negara di wilayah Asia tenggara. Pada modul ini akan dibahas materi tentang kerja sama, faktor pendorong dan penghambat kerjasama antar negara terutama di Kawasan asia Tenggara.
1.      Pengertian  kerjasama
Pengertian kerjasama menurut para ahli:
1)        Pamudji
Menurut Pamudji, pengertian kerjasama adalah pekerjaan yang dilakukan dua orang atau lebih dengan melibatkan interaksi antarindividu bekerja bersama sama sampai terwujud tujuan yang dinamis. Lebih lanjut ia berpendapat bahwa unsur utama kerjasama ada tiga yakni adanya individu individu, adanya interaksi dan adanya tujuan yang sama.
2)        Thomson dan Perry
 Menurut Thomson dan Perry, pengertian kerjasama adalah kegiatan yang mempunyai tingkatan berbeda dimulai dari tahapan koordinasi juga kooperasi sampai terjadinya kolaborasi dalam suatu kegiatan kerjasama.
3)        Charles H. Cooley
Seorang ahli bernama Charles H. Cooley berpendapat, kerjasama akan timbul jika orang menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama dan sekaligus memiliki pengetahuan yang cukup serta kesadaran atas diri sendiri untuk memenuhi kepentingan kepentingan tersebut.
Secara umum kerjasama adalah menjalin hubungan antara dua negara atau lebih demi mencapai suatu kesepakatan. Organisasi internasional dibentuk guna mengatasi dan meminimalisasi masalah yang dapat ditimbulkan dari interaksi antarnegara dalam berbagai bidang. Contohnya, Association of South East Asian Nation (ASEAN) yang merupakan salah satu organisasi internasional yang bersifat kawasan atau region.
2.      Faktor pendorong dan penghambat kerjasama
Dalam kerjasama ada beberapa faktor pendorong dan faktor penghambat yang membuat seseorang atau kelompok melakukan kerjasama dengan pihak lain, diantaranya :
1)   Faktor Pendorong Kerjasama
Ada beberapa faktor pendorong terbentuknya kerjasama, yaitu didasari kesamaan ataupun perbedaan potensi alam dan sumber daya manusia yang dimiliki oleh suatu negara.
a)   Kesamaan dan perbedaan sumber daya alam
v  Kesamaan sumber daya alam dapat mendorong terbentuknya kerjasama antar negara, sebagai contoh, beberapa negara penghasil minyak bumi membentuk suatu kerjasama yang diberi nama OPEC.
v  Perbedaan sumber daya alam juga dapat melahirkan kerja sama dengan negara lain, sebai contoh Indonesia menghasilkan minyak bumi sedangkan Singapura tidak memiliki minyak bumi akhirnya, Indonesia mengekspor minyak bumi ke Singapura.








b)   Kesamaan dan perbedaan wilayah ( kondisi geografis )
v  Kesamaan wilayah letak geografis, beberapa negara di suatu kawasan pada umumnya mengadakan kerjasama untuk menjaga stabilitas dan keamanan negara. Contoh negara-negara di kawasan asia tenggara membentuk kerjasama melalui organisasi ASEAN.
v  Perbedaan letak geografis mengakibatkan setiap negara memiliki perbedan sumber daya alam juga, sehingga mendorong terjadinya spesialisasi produk atau menghasilkan barang yang sumbernya tersedia dari wilayah tersebut.
 










c)    Kesamaan dan perbedaan teknologi
v  Kerja sama dalam pengembangan teknologi harus terus dilanjutkan dan ditingkatkan antara negara-negara yang sudah maju teknologinya dengan negara-negara yang masih terbelakang dan berkembang atau antarnegara yang sama tingkat teknologinya. Penyerapan teknologi hendaknya dilakukan menurut-tahapan-tahapan dan kemampuan negara-negara tersebut menyerap teknologi. Tahapan-tahapan ini berbeda-beda pada setiap negara tergantung SDA dan SDM yang dimiliki. Hendaknya negara yang memiliki teknologi yang sederhana dapat memenuhi kebutuhan teknologi tinggi dengan mendatangkan peralatan teknologi dari luar negeri.
v  Kerja sama teknologi dapat dilakukan dengan transfer teknologi (TOT) terhadap peralatan teknologi yang dibeli oleh suatu negara. Misalnya Indonesia membeli kapal selam dari Korea Selatan dengan perjanjian negara tersebut mau mengajarkan atau mentranfer teknologi pembuatan kapal selam kepada Indonesia.





 







https://agribisnis.co.id/budidaya-sawi-peluang-bisnis-menjanjikan/ diunduh tanggal 7 oktober 2018 Pukul 11.50 WIB
https://www.pertanianku.com/19490-2/ diunduh tanggal 7 Oktober 2018 Pukul 11.55 WIB

d)   Kesamaan dan perbedaan budaya
v  Budaya merupakan salah satu ciri khas suatu negara. Corak hidup sehari-hari penduduk suatu negara identik dengan corak budayanya. Budaya yang unik dapat menjadi potensi yang sangat berharga untuk mendorong kunjungan wisatawan. Budaya dapat menjadi objek wisata yang sangat menarik bagi wisatawan asing.
v  Perbedaan budaya antarnegara akan mendorong terjalinnya kerja samadi bidang budaya. Indonesia, Malaysia, Singapura dan Brunei Darussalam memiliki kesamaan budaya, yaitu budaya Melayu. Budaya di kamboja dan Bali ( Indonesia ) bentuk pakaian adat yang hampir sama. Persamaan ini mendorong adanya kerja sama dalam rangka melestarikan budaya Melayu











3.      Faktor Penghambat Kerjasama
a)        Perbedaan idiologi
Setiap negara pasti memiliki idiologi yang berbeda-beda, sehingga mempengaruhi kebijakan negara tersebut dan memungkinkan terjadinya perbedaan prinsip yang menghambat kerjasama.
Akan tetapi sekarang ini hampir tidak ada negara ASEAN yang menutup diri dari kerjasama ASEAN. Semua negara di kawasan asia tenggara hampir tergabung dalam

ASEAN walaupun memiliki idiologi yang berbeda.
 









b)        Konflik dan peperangan
Apabila suatu negara dalam kondisi konflik atau perang baik dalam negeri maupun dengan negara lain maka kondisi ini mengganggu stabilitas negaranya sehingga akan menghambat kerjasama. Contohnya kasus pengungsi manusia perahu dari Myanmar, negara nya dalam kondisi konflik membuat negara lain harus berpikir lagi apabila ingin bekerjasama dengan Myanmar.









https://saripedia.wordpress.com/tag/konflik-budha-muslim-myanmar/ diunduh tanggal 7 Oktober 2018 Pukul 14.00 WIB

c)         Kebijakan protektif
Suatu negara yang menerapkan kebijakan yang bertujuan melindungi kepentingan dalam negeri dan meningkatkan daya saing. Misalnya saja tidak mau menerima impor hasil pertanian karena dapat mempengaruhi kondisi pendapatan hasil pertanian di dalam negerinya. Dampak dari kebijakan ini juga dapat mempengaruhi hubungan antarnegara sehingga menghambat kerjasama yang harmonis. Kebijakan suatu negara sama sifatnya dengan idiologi yang berbeda-beda sehingga akan menghambat kerjasama.
d)        Perbedaan kepentingan tiap-tiap negara
Kepentingan suatu negara adalah hak pribadi masing-masing negara. Kerjasama dibutuhkan bagi perkembangan dan masa depan negara di dunia. Akan tetapi, dalam kerjasama antarnegara memiliki kepentingan yang berbeda-beda. Perbedaan ini dapat menghambat kerjasama yang harmonis.
e)         Perbedaan mata uang
Mata uang adalah alat tukar dalam perdagangan dan setiap negara memiliki alat tukar masing-masing berbeda dengan negara lain. Perbedaan mata uang bisa juga menjadi perbedaan nominal yang dapat menghambat kerjasama akibat sulitnya perhitungan dan sulitnya pertukaran uang. Untuk mengatasi itu maka perlu standar dalam perdagangan.

B.       MATERI PENGAYAAN
Pelajarilah materi tentang manfaat Kerjasama antar negara dari website berikut:

 












C.      EVALUASI
a.    Pilihlah salah satu jawaban yang paling tepat.
1)        Pamudji mengemukakan kerjasama adalah....
a.    Menjalin hubungan antara dua negara atau lebih demi mencapai suatu kesepakatan
b.    Pekerjaan yang dilakukan dua orang atau lebih dengan melibatkan interaksi antarindividu bekerja bersama sama sampai terwujud tujuan yang dinamis
c.    Kerjasama akan timbul jika orang menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama dan sekaligus memiliki pengetahuan yang cukup serta kesadaran atas diri sendiri untuk memenuhi kepentingan kepentingan tersebut.
d.   kegiatan yang mempunyai tingkatan berbeda dimulai dari tahapan koordinasi juga kooperasi sampai terjadinya kolaborasi dalam suatu kegiatan kerjasama.
2)        Faktor pendorong kerjasama antarnegara ASEAN, yaitu ....
a.         Kesamaan dan perbedaan idiologi
b.        Kesamaan dan perbedaan kepentingan tiap-tiap negara
c.         Kesamaan dan perbedaan kondisi geografis
d.        Kesamaan dan perbedaan Kebijakan negara
3)        Nilai positif dari kasus pengungsi manusia perahu dari myanmar menimbulkan interaksi antarnegara ASEAN antara lain ....
a.         Bertambahnya warga asing
b.        Memupuk rasa kemanusiaan
c.         Meningkatkan persaingan kerja
d.        Diskriminasi sosial pengungsi
4)        Perhatikan gambar dibawah ini !





Berdasarkan gambar diatas merupakan salah satu faktor .... kerjasama.

a.         Pendorong
b.        Penghambat
c.         Positif
d.        Negatif
5)        1. Teknologi
1.    Konflik
2.    Idiologi
3.    Sumber daya alam
Yang merupakan faktor penghambat kerjasama adalah nomor ....
a.         1 dan 2
b.        1 dan 3
c.         2 dan 3
d.        3 dan 4

b.        Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan tepat !
1.        Jelaskan pengertian kerjasama ?
2.        Sebutkan 3 faktor pendorong kerjasama ?
3.        Sebutkan 3 faktor penghambat kerjasama ?
4.        Bagaimana peran teknologi komunikasi dalam interaksi antarruang di negara-negara ASEAN ?
5.        Jelaskan mengapa negara Singapura lebih berfokus pada perdagangan dan Industri ?


E.       DAFTAR RUJUKAN
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Buku Siswa Mata Peajaran IPS. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.
https://www.maxmanroe.com/pengertian-kerjasama.html diunduh 7 Oktober 2018 pukul 11.30 WIB.
diunduh 7 Oktober 2018 pukul 09.30 WIB.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

MODUL PEMBELAJARAN 13

  MODUL PEMBELAJARAN 13 INTERAKSI SOSIAL POTENSI SUMBER DAYA ALAM DAN KEMARITIMAN     ...